expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 04 Juli 2015

Like Rain of Hearts ( Part 18 )



Part 18

.

            Mungkin bulan Oktober adalah bulan yang banyak mengalami perubahaan, begitu pikir Disty. Entah mengapa hubungannya dengan Rio menjadi sedikit renggang. Juga dengan dua sahabatnya. Sepertinya Donna dan Miley tidak menyukai jika ia dekat dengan Harry. Ada apa sih dengan dua sahabatnya itu? Memangnya Harry nakal? Tidak! Justru Harry adalah anak yang sangat baik dan pengertian. Mustahil jika Harry berbuat jahat dan nakal.

            Di kantin, Disty makan sendiri karena Donna dan Miley sedang sibuk mengerjakan tugas. Belakang-belakangan ini Disty jarang bicara dengan Donna dan Miley. Apalagi curhat. Disty lebih sering menyendiri sambil membaca novel yang dipinjamkan Harry. Ternyata membaca novel itu asyik. Disty baru menyadarinya sekarang.

            “Hai!”

            Senyum Disty mengembang tatkala Harry datang sambil membawa sepiring spaghetti dan jus jeruk. Harry datang di saat yang tepat. Disty melihat-lihat di sekelilingnya. Tebakannya benar. Banyak yang berbisik-bisik tentang dirinya yang dekat dengan Harry. Tapi Disty mencoba untuk tidak peduli.

            “Aku tidak menyangka ternyata kau sudah punya pacar.” Ucap Harry.

            “Iya. Aku dan Rio sudah pacaran selama satu tahun lebih sepuluh bulan.” Ucap Disty.

            “Tapi tak apa. Kita masih berteman baik kan?”

            Disty menatap wajah Harry yang seperti biasa terlihat manis dan membuatnya geregetan. Apalagi jika Harry tersenyum dan Disty selalu geregetan dengan lesung pipit Harry. Rio tidak seperti Harry. Rio tidak semanis Harry. Senyum Rio tidak bisa mengalahkan senyum Harry dan Rio tidak mempunyai lesung pipit seperti Harry.

            “Jadi, kau tidak keberatan akan hubunganku dengan Rio?” Tanya Disty.

            Harry tertawa dan membuat lesung pipitnya terlihat semakin jelas. “Tentu saja tidak. Aku berharap hubungan kalian tidak terganggu karena aku. Tapi kalau Rio tidak menyukaiku, aku janji tidak akan mendekatimu karena aku tidak mau dianggap sebagai penganggu hubungan orang lain.” Ucapnya.

            Entah mengapa rasanya sesak sekali. Dada Disty terasa sesak tatkala mendengar ucapan Harry. Jika saja ia masih sendiri, pasti ceritanya akan berbeda. Ia akan jauh lebih tenang berteman dengan Harry dan tidak akan ada yang membicarakannya. Lagipula, Harry tidak terlalu terkenal di sekolah, tidak seperti Rio. Jadi tidak akan ada yang cemburu dengannya jika ia dekat dengan Rio.

            “Nanti sore jalan-jalan yuk. Aku ingin sekali mengetahui kisah hidupmu lebih dalam lagi.” Ucap Harry.

            Tanpa berpikir panjang, Disty mengangguk pertanda menyetujui ajakan Harry, dan Disty sama sekali tidak sadar bahwa sedaritadi ada seorang cowok yang memerhatikannya. Cowok yang tidak lain adalah Rio, pacar Disty sendiri.

***

            “Yo, tunggu!”

            Sebisa mungkin Luke berlari mengejar Rio yang tadi cuek dengan ucapannya. Ketika ia sejajar dengan Rio, Luke pun bicara.

            “Kau belum mengumpulkan tugas.” Ucap Luke.

            Rio menghentikan langkahnya. “Persetan dengan tugas! Aku ingin pulang dan tidur. Aku lelah.” Ucapnya.

            “Kau aneh. Ada apa denganmu? Tidak biasanya kau seperti ini.” Ucap Luke.

            Rio menatap Luke tajam. “Terimakasih atas perhatianmu. Tapi tolong, aku tidak membutuhkan perhatianmu. Kalaupun aku tidak mendapatkan nilai, itu bukan urusanmu.” Ucapnya.

            Sikap Rio benar-benar berubah siang ini. Padahal kemarin Rio terlihat ceria dan tidak ketus dengannya. Akhirnya Luke membiarkan Rio pergi dan mencoba mencari tau jawaban dari keanehan sikap Rio. Dan jawabannya pun datang tatkala Luke melihat Disty dan Harry yang sedang tertawa bersama. Itukah yang membuat sikap Rio berubah? Disty?

***

            1 Message From: Rio

            Hai Dis! Sore ini jalan-jalan yuk? Aku ingin mengajakmu pergi ke suatu tempat yang istimewa.

            Disty mengira itu adalah pesan dari Harry, tapi ternyata salah. Pesan itu adalah pesan dari Rio dan Rio mau mengajaknya jalan-jalan. Padahal sore ini Disty sudah janjian dengan Harry.

            To: Rio

            Maaf Yo Disty tidak bisa. Besok aja ya.

            Ini bukan yang pertama kalinya Disty menolak ajakan Rio. Disty menaruh ponselnya di atas meja belajar kemudian memandangi wajahnya sendiri melalui jendela. Disty menarik nafas dalam-dalam. Wajah yang cantik, manis, ceria dan penuh semangat. Ada apa denganmu Dis? Disty sadar bahwa hubungannya dengan Rio semakin hari semakin buruk, dan Disty yakin sekali Rio sudah tau akan kedekatannya dengan Harry.

            Oktober. Mengapa ia harus menjadi seperti ini? Mengapa ia harus tertarik dengan Harry sedangkan ia masih berpacaran dengan Rio? Apa karena senyum Harry yang mengalahkan segalanya? Atau karena lesung pipit Harry yang menawan? Disty tidak tau. Yang jelas ia ingin sekali menghabiskan waktunya bersama Harry. Itu saja.

            “Kau mau kemana?” Tanya Michael.

            “Ketemu Harry.” Jawab Disty jujur.

            “Harry? Ku kira kau akan kencan dengan Rio. Memangnya hubungan kalian sedang tidak baik?” Tanya Michael.

            Disty tidak menjawab pertanyaan Michael. Gadis itu memilih meninggalkan rumah karena Harry sudah menunggunya tidak jauh dari rumahnya. Tidak tau kenapa Harry enggan mendatangi rumahnya.

            “Ku kira kau tidak akan datang.” Ucap Harry.

            “Aku tidak pernah melanggar janji.” Ucap Disty sambil tertawa.

            Sialnya, pertemuan rahasia ini tertangkap oleh mata Luke dan Disty begitu malu ketika Luke menatapnya dengan tatapan heran. Kenapa harus ada Luke sih disini? Kalau Luke melapor soal ini ke Rio bagaimana? Apa ia bakal dihabisi Rio?

            “Itu siapa?” Tanya Harry.

            “Bukan hal yang penting. Ayo!” Ucap Disty sambil menarik tangan Harry dan meninggalkan tempat itu.

***

            “Adikmu…”

            Luke yang sekarang masihlah Luke yang dulu walau penampilannya sangat berbeda. Luke masih mengantar kue pesanan pelanggan dan Luke akan terus melakukannya. Kali ini, Bella yang memesan kue ke Ayahnya dan Luke mengantarnya. Sekalian ia ingin bertemu dengan Michael.

            “Disty? Actually, I don’t know about her. Apa tadi kau melihat Disty?” Ucap Michael.

            Luke mengangguk. “Hubungannya dengan Harry seperti apa? Kenapa seakan-akan Disty bertemu secara sembunyi dengan Harry?” Tanyanya.

            Michael menghela nafas panjang. “Aku tidak tau. Perasaan seseorang memang berubah-ubah. Tidak selamanya Disty mencintai Rio. Adakalanya perasaan Disty berubah dan tertarik dengan cowok lain. Seperti Harry misalnya.” Ucapnya.

            Ucapan Michael ada benarnya. Perasaan seseorang selalu berubah-ubah kecuali jika ia ini menemukan seseorang yang benar-benar dicintainya dan menjadi cinta sejatinya. Disty masih berumur empat belas tahun dan Luke rasa perasaan gadis itu masih labil.

            “Itu kue untukku kan?” Tanya Michael sambil tertawa.

            Drtdrtdrt…

            1 Message From: Calum

            Luk, hurry up! Ada job baru dan kali ini bukan show biasa. Tapi sayangnya Niall tidak bisa hadir. Aku masih belum bisa menebak jalan pikirannya saat Riley meninggal. Datang ke rumahku secepat mungkin ya.

            “Cewek-mu?” Tanya Michael.

            Luke yang tengah berpikir tentang SMS dari Calum cepat-cepat menutup ponselnya tatkala mendengar suara Michael. Tentu saja Michael curiga dengan sikapnya yang tampak misterius.

            I gotta go. Bye!” Ucap Luke lalu cepat-cepat meninggalkan rumah itu.

***

            “Jadi, sudah lama kau tinggal di Indonesia?”

            Disty menceritakan dari awal tentang kisah hidupnya. Sama apa yang ia ceritakan pada orang yang baru dikenalnya dan ingin mengenalnya lebih lanjut. Tampaknya Harry tertarik dengan Indonesia dan ingin sekali mengunjungi Indonesia.

            “Sudah tiga tahun aku tidak melihat Indonesia.” Ucap Disty.

            “Wah, pasti kau sangat merindukan Indonesia.” Ucap Harry.

            “Tentu saja.” Ucap Disty.

            Sekonyong-konyongnya Disty teringat dengan kenangannya bersama Lintar. Entah bagaimana kabar cinta pertamanya itu. Disty berharap Lintar baik-baik saja. Tapi Disty sangat tidak mengharapkan Lintar mengingatnya karena Lintar sudah menyakiti hatinya dan melanggar janjinya. Dimana Lintar? Mengapa cowok itu enggan membalas emailnya dan enggan memberinya kabar?

            “Banyak sekali kenangan-kenangan indah di Indonesia. Dan cinta pertamaku..” Ucap Disty.

            “Ohya? Siapa cinta pertamamu?” Tanya Harry.

            Tidak ada salahnya menceritakan tentang Lintar pada Harry. “His name is Lintar and he’s my first love. Karena aku akan meninggalkan Indonesia, jadi hubungan kami tidak jelas dan di Inggris, aku jatuh cinta dengan seorang cowok, namanya Rio.” Ucapnya.

            “Rio pasti sangat menyayangimu dan dia setia padamu.” Ucap Harry.

            “Iya.” Ucap Disty singkat.

            Entah mengapa hatinya menjadi tidak tenang. Rio? Bagaimana jika Luke sudah mengabarkan pertemuan rahasianya dengan Harry? Apakah sekarang Rio marah? Tetapi ponselnya baik-baik aja dan Rio tidak menelponnya atau mengirimnya pesan. Tapi bagaimana jika ia pulang nanti Rio menungguinya di teras rumahnya dengan tangan di lipat di dada?

            “Kalau temanmu yang pirang itu siapa?” Tanya Harry.

            “Oh itu. Namanya Luke Hemmings. Dia sahabat kakakku dan kami sudah lama berteman. Luke sudah ku anggap sebagai kakakku sendiri dan dia sangat pintar.” Jawab Disty.

            Harry mengangguk-angguk. Namun ketika Harry menoleh ke wajah Disty, wajah gadis itu seperti tidak tenang. Apa gadis itu sedang tidak baik-baik saja? Sehelai rambut Disty yang jatuh ke depan membuat tangannya ingin sekali menyibak rambut itu, tapi Harry mencoba untuk menahan keinginannya untuk melakukannya.

            “Apa aku salah jika aku tertarik dengan cowok lain sedangkan aku masih punya pacar?” Tanya Disty tiba-tiba.

            Sesaat, Harry terdiam dan tidak tau harus bagaimana menjawab pertanyaan Disty. Cowok lain? Sudah punya pacar? Apa Disty sedang membicarakannya?

            “Aku tidak tau. Tapi menurutku itu hal yang wajar. Kau masih pacaran dan belum menikah.” Jawab Harry.

            “Oh, baiklah.” Ucap Disty.

            Keduanya pun melanjutkan perjalanan dan berhenti tepat di sebuah kedai kopi yang cukup ramai. Akhirnya keduanya memutuskan untuk singgah disana sambil menikmati hangatnya kopi.

***

            I wanna talk to you.”

            Mau tidak mau Disty terpaksa menuruti perintah Rio. Memang. Disty selalu tidak membalas pesan Rio. Apalagi mengangkat telpon Rio. Kata teman-temannya, Disty sudah berubah semenjak mengenal Harry. Benarkah itu?

            Rio mengajak Disty berbicara empat mata di belakang kantin yang sepi. Tidak ada siapa-siapa disana. Lagipula ini sudah jam pulang sekolah dan mana ada yang mau ke kantin. Disty merasa heran mengapa Rio memilih tempat ini.

            “Kau bahagia bersama Harry?” Tanya Rio.

            Sudah Disty duga. Rio pasti membicarakan tentang Harry dan Disty tidak tau harus bicara apa. Apakah hubungannya dengan Rio cukup sampai disini? Tidak! Hubungannya dengan Rio tidak boleh berakhir. Ia tidak mau putus dengan Rio hanya karena Harry. Ia ingin terus mencintai Rio selama-lamanya.

            “Kalau aku harus jujur, jawabannya iya. Aku bahagia bersama Harry. Tapi jangan salah sangka dulu. Kami hanya berteman. Seperti aku dengan Luke. Aku bahagia bersama Luke. Tapi kau-lah cowok satu-satunya di hatiku.” Jawab Disty.

            Rio tersenyum. “Oke. Aku terima kejujuranmu. Aku bukanlah orang yang suka mengatur hidup orang lain dengan ketat. Kau bebas berteman dengan siapa saja. Tapi ku harap, kau tidak terlalu sering menghabiskan waktu dengan Harry dan menomor dua-kan ku, karena aku adalah pacarmu dan satu-satunya cowok di hatimu.” Ucapnya.

            “Iya.” Ucap Disty singkat.

            “Oke. Ayo kita pulang.” Ucap Rio.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar